PSIS Dukung Peleburan Kompetisi

Senin, 13 Februari 2012



SEMARANG- Wacana peleburan dua kompetisi berbeda di Indonesia yakni Indonesia Premier Legaue (IPL) dan Indonesia Super Legaue (ISL) mendapat dukungan dari pihak PSIS. Rencananya penggabungan akan dilakukan tahun depan, setelah dua kompetisi menemukan juaranya.

’’Bila tujuannya meningkatkan kualitas kompetisi di Indonesia, maka selayaknya didukung. Asalkan tetap berada di bawah payung hukum PSSI sebagai induk organisasi sepak bola nasional, sehingga mendapatkan pengakuan dari AFC maupun FIFA,’’ kata Direktur Operasional PSIS Novel Al Bakrie.

Dia menambahkan, dualisme kompetisi yang masih terjadi telah merugikan banyak pihak. Terutama bagi para pemain yang tidak bisa memperkuat Timnas Merah Putih. Padahal, sejatinya, mereka adalah sama-sama sebagai pemain sepak bola Indonesia.

Masyarakat dan pengelola tim sepak bola juga ikut terkena imbasnya. Pengacara itu menuturkan, tak sedikit tim dan masyarakat yang terpecah karena mendukung kompetisi yang berbeda. Hal itu, lanjutnya, dapat memicu konflik internal yang berkepanjangan.

’’Kalau PSIS, tetap akan berkomitmen mengikuti kompetisi yang resmi di bawah naungan PSSI. Kami tetap bertekad mengantarkan tim kebanggaan warga Kota Semarang meraih prestasi terbaik dengan promosi ke kasta tertinggi,’’ tegasnya.

Ketat

Namun demikian, penggabungan tersebut akan membuat persaingan kian ketat. Pasalnya, tidak semua tim dari ISL maupun IPL yang nantinya akan berlaga di kasta tertinggi. Jatah untuk tim promosi juga kian lebih sedikit mengingat terdapat dua Divisi Utama berbeda dan telah bergulir.

Untuk mekanismenya, Novel masih akan menunggu perkembangan dari pusat. Bila memang benar terjadi, dia akan melakukan perombakan tim di pertengahan kompetisi. Hal itu dilakukan mengingat persaingan akan lebih ketat dibandingkan sebelumnya.

Ada kemungkinan, lanjutnya, hanya dua tim dari Divisi Utama saja yang berhak promosi. Sedangkan saat ini ada dua Divisi Utama. Dengan kata lain, hanya juaranya saja yang berhak berlaga di Kompetisi Pro I. Karena itu, PSIS tidak boleh lengah menghadapi laga-laga selanjutnya.

’’Tidak ada masalah dengan hal itu. Bila benar, kami akan melakukan pembenahan manajemen dan skuad tim. Termasuk mencari pengganti Simone Quintieri yang kontraknya kemungkinan besar tidak diperpanjang PSIS,’’ tegasnya. (K18-87)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 HOOLIGANS 77 All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.